Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat, Terbukti Berhasil

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat, Terbukti Berhasil


Banyak orang yang mencari cara menurunkan berat badan untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari mengurangi asupan makanan, melakukan diet dan juga melakukan berbagai olahraga.

Berat badan memang merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap orang. Bukan hanya berpengaruh pada penampilan, berat badan juga memberikan indikasi kesehatan pada tubuh kita.

Berat badan yang terlalu berlebih dapat memicu beragam penyakit yang cukup berbahaya. Mulai dari GERD, diabetes hingga serangan jantung. Oleh karena itu kamu perlu menjaga agar berat badan tetap ideal. Mungkin kamu berpikir bahwa mengurangi berat badan itu susah dan ribet. Namun tenang saja, karena dalam artikel ini kami akan menunjukkan cara mudah tanpa ribet agar untuk mengurangi berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mengurangi Asupan Kalori

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori. Bahasa lain yang lebih umum untuk cara ini adalah melakukan defisit kalori. Dengan defisit kalori, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber tenaga dalam beraktivitas. Berikut adalah beberapa tips dalam melakukan defisit kalori yang dapat kamu terapkan sehari-hari.

1. Makan dengan Perlahan
Tahukah kamu bahwa sebenarnya rasa kenyang bukanlah pertanda bahwa kebutuhan makan telah cukup dan terpenuhi. Karena kamu bisa tetap merasa lapar meski telah memakan banyak makanan. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan makan dengan perlahan. Sehingga kamu tidak akan menghabiskan banyak makanan hingga akhirnya otak memberikan sinyal kenyang kepada tubuh.

2. Gunakan Piring Kecil
Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah menggunakan piring kecil ketika makan. Karena ketika kamu menggunakan piring kecil, kamu akan cenderung mengambil porsi makanan lebih sedikit. Sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu akan lebih sedikit daripada yang biasanya. Berbeda jika kamu menggunakan piring besar yang akan membuat makanan terkesan sedikit walau sudah ambil banyak.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat seperti buah dan sayuran sangatlah penting untuk mengurangi berat badan. Karena buah dan sayuran memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit namun mengandung banyak vitamin, serta dan mineral.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Menambah Pembakaran Kalori

Jika kamu telah mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh, kamu bisa mengoptimalkannya dengan menambah pengeluaran atau pembakaran kalori. Caranya adalah dengan sering melakukan berbagai olahraga secara teratur.

Tidak perlu olahraga yang sulit jika kamu hanya ingin mengurangi berat badan. Berikut adalah beberapa olahraga mudah yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mendapatkan berat badan ideal.

1. Yoga
Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin melakukan yoga. Bukan hanya membakar kalori, yoga akan membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks dan menghilangkan stres.

2. HIIT
Melakukan HIIT atau high-intensity interval training adalah cara menurunkan berat badan yang paling disarankan banyak orang. Apalagi kamu bisa melakukan jenis olahraga ini di rumah.

Kamu bisa memilih olahraga seperti push up, squat jump atau plank sebagai olahraga yang kamu lakukan setiap harinya. Cukup lakukan siklus olahraga selama 20 menit hingga satu jam agar optimal.

3. Angkat Beban
Angkat beban juga sangat bagus untuk melakukan pembakaran pada lemak. Apalagi saat ini sudah tersedia barbel yang bisa kamu beli untuk melakukan olahraga angkat beban di rumah.

Pentingnya Menurunkan Berat Badan Berlebih

Sebelum memahami cara menurunkan berat badan, kami akan menjabarkan beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh berat badan berlebih. Semoga hal ini dapat memberikan motivasi untuk mendapatkan berat badan ideal.
  1. Penyakit Jantung
    Seperti kami sampaikan sebelumnya bahwa berat badan berlebih bisa memberikan serangan jantung. Hal ini karena berat badan yang terlalu gemuk menyebabkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Pada akhirnya gejala tersebut dapat berujung pada penyempitan dan penyumbatan arteri. Jika hal ini terjadi, maka kamu akan berpotensi terkena beragam penyakit berbahaya termasuk serangan jantung.
  2. GERD
    GERD adalah singkatan dari Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit yang menyerang asam lambung. Lemak berlebih dalam tubuh dapat memberikan tekanan berlebih sehingga terjadi kenaikan asam lambung.
  3. Sulit Bernapas
    Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang dengan berat badan berlebih memiliki napas yang cenderung pendek. Bahkan obesitas dipercaya dapat memperburuk gejala penyakit asma dan penyakit paru lainnya. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin kesulitan dalam menjalankan olahraga, wajib memahami cara menurunkan berat badan. Sehingga aktivitas olahraga dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan.
  4. Diabetes
    Diabetes khususnya diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang yang kelebihan berat badan. Hal ini karena adanya resistensi insulin yang meningkatkan kadar gula dalam darah. Diabetes sendiri dapat menjadi penyebab dari banyak penyakit lain. Sehingga jika kamu membiarkannya, akan berpotensi membawa banyak penyakit lain yang akan membuat kamu mengalami komplikasi penyakit.
  5. Gangguan Tidur
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan akan membuat kualitas tidur berkurang. Salah satunya adalah memunculkan penyakit berupa sleep apnea yaitu napas berhenti ketika tidur.

Persiapan Dalam Cara Menurunkan Berat Badan

Banyak orang telah berupaya semaksimal mungkin namun masih sulit dalam mendapatkan berat badan ideal. Ada beberapa penyebab yang membuat hal ini terjadi. Salah satunya adalah tidak memiliki persiapan yang benar.

Jika kamu ingin mendapatkan cara yang mudah tanpa ribet, maka persiapan ini harus dilakukan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus disiapkan dengan baik untuk mendapatkan hasil optimal.

1. Menentukan Target
Ketika hendak menurunkan berat badan, pastikan kamu sudah mengetahui target berat badan yang ingin dicapai. Tentunya kamu ingin mendapatkan berat badan ideal sehingga pastikan kamu mengetahui berapa berat badan idealmu.

Setelah mengetahui target akhir yang hendak dicapai, selanjutnya turunkan target tersebut ke dalam target mingguan dan harian. Hal ini akan mempermudah kamu dalam melakukan cara menurunkan berat badan.

2. Kuatkan Motivasi
Salah satu sebab kegagalan dalam mengurangi berat badan adalah kehilangan motivasi di tengah prosesnya. Oleh karena itu kamu harus memastikan memiliki motivasi kuat sebelum melakukannya. Ada banyak hal yang bisa kamu jadikan motivasi untuk mengurangi berat badan. Mulai dari terhindar dari penyakit di atas, mendapatkan bentuk tubuh ideal ataupun sebagai syarat untuk mendaftar pekerjaan tertentu.

3. Sampaikan Keinginanmu Pada Orang Terdekat
Ada baiknya kamu menyampaikan keinginan untuk mengurangi berat badan pada orang lain. Sehingga mereka bisa menjadi penyemangat sekaligus pengingat kamu ketika proses menurunkan berat badan berlangsung. Contohnya jika kamu hendak melakukan hal yang bisa menambah berat badan, mereka bisa mengingatkan kamu. Selain itu, adanya orang lain juga akan membuat kamu termotivasi dan tidak melakukan kecurangan.

Mendapatkan berat badan ideal adalah keinginan setiap orang. Karena bukan hanya mendapatkan bentuk tubuh sempurna, kamu juga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh.

Tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan dalam mengurangi berat badan. Karena dengan melakukan cara menurunkan berat badan di atas, kamu bisa mendapatkan berat badan ideal dengan mudah.