Cara Mengurangi Nafsu Makan dan Ngemil yang Berlebihan

Cara Mengurangi Nafsu Makan

Ada beragam cara mengurangi nafsu makan dan ngemil berlebihan yang bisa kamu pilih. Mulai melakukan cara alami hingga menggunakan pil yang dijual di pasaran. Namun tidak semua cara tersebut terbukti ampuh.

Masih banyak orang yang kesulitan dalam mengatur nafsu makan mereka meski telah melakukan berbagai cara. Akibatnya, asupan kalori menjadi tidak terkontrol yang membuat kenaikan berat badan.

Nafsu makan berlebih memang merupakan musuh alami untuk kamu yang ingin melakukan diet. Karena sebesar apapun usaha yang kamu lakukan, jika tidak bisa mengontrol nafsu makan maka akan sia-sia.

Masalahnya memang mengontrol nafsu makan anak maupun orang dewasa bukanlah perkara mudah. Terlebih jika kamu sudah terbiasa selalu ngemil dan memenuhi nafsu makan tanpa memperhatikan nutrisi dari makanan tersebut.

Penyebab Tingginya Nafsu Makan Pada Tubuh

Penyebab Nafsu Makan Tinggi

Sebagai kebutuhan sehari-hari, makan memang adalah hal yang harus dilakukan. Sehingga di dalam tubuh terdapat mekanisme yang membuat kita ingin makan. Hal ini mungkin lebih mudah dikenal dengan nafsu makan.

Namun pernahkah kamu bertanya mengapa ada sebagian orang yang memiliki nafsu makan berlebih? Berikut adalah beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang sulit mengontrol nafsu makannya.

1. Kebiasaan

Kebiasaan menjadi salah satu penyebab sulitnya mengontrol nafsu makan. Khususnya apabila kamu telah dibiasakan selalu makan banyak walau tidak sedang lapar ketika masih berusia anak-anak.

Kebanyakan orang tua akan senang ketika anaknya makan banyak dan khawatir jika anaknya tidak mau makan. Oleh karena itu, kebanyakan pola asuh akan membuat anak selalu meski tidak merasa lapar.

Hal ini mungkin memang baik untuk tumbuh kembang ketika masa bayi. Namun ketika dewasa, kamu harus mencari cara mengurangi nafsu makan yang tinggi dan merupakan kebiasaan bawaan dari kecil tersebut.

2. Stres Atau Masalah Psikologis

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebagian orang mengalihkan stres mereka kepada makanan. Makan seolah menjadi pelampiasan terhadap masalah yang sedang dihadapi. Padahal hal ini justru memperburuk keadaan.

Sebab memakan banyak makanan tidak akan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Justru kamu bisa terkena masalah baru berupa penyakit yang ditimbulkan akibat kelebihan berat badan akibat kebanyakan makan.

3. Faktor Genetik

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tingkat nafsu makan orang tua dapat diturunkan kepada anak. Oleh karena itu kamu perlu cara menjaga nafsu makan agar anakmu kelak tidak memiliki masalah nafsu makan.

Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Berolahraga Sebelum Makan

Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Berolahraga

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa hormon nafsu makan akan semakin rendah ketika kamu selesai berolahraga. Oleh karena itu kamu bisa melakukan beberapa olahraga berikut sebelum mulai makan.

1. Push Up

Kamu tentu sudah tidak asing dengan olahraga satu ini bukan. Kamu bisa melakukan push up di mana saja selama ada permukaan datar. Bahkan kamu bisa melakukannya di kamar sendiri.

Lakukan push up selama beberapa menit sebelum memasuki jam makan. Dengan begitu dipercaya kamu akan merasa lebih kenyang dan akan mengambil porsi makanan yang lebih sedikit.

2. Lari

Diketahui ternyata melakukan lari selama 1 jam di atas treadmill dapat membuat hormon nafsu makan menurun. Sehingga kamu bisa secara rutin melakukan jogging sebelum mulai makan.

3. Angkat Beban

Melakukan angkat beban sebelum juga dipercaya menjadi salah satu cara mengurangi nafsu makan secara alami dan mudah. Selain itu ternyata angkat beban juga merupakan salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami. Tidak perlu berlama-lama dalam melakukannya. Cukup siapkan waktu sekitar 30 menit sebelum sesi makan dimulai.

4. Berenang

Mungkin kamu berpikir bahwa berenang dapat membuat lapar. Namun justru jika dilakukan dengan tepat, renang akan membuat nafsu makan berkurang. Sehingga kamu bisa mencobanya sebelum memulai makan.

5. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang membuat kamu mengeluarkan banyak keringat. Sama seperti olahraga lainnya, bersepeda akan membuat hormon nafsu makan menurun sehingga kamu akan cepat merasa kenyang.

Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Melawan Stres

Cara Mengurangi Nafsu Makan dengan Melawan Stres

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab tingginya nafsu makan adalah karena stres. Oleh karena itu kamu bisa mengontrol nafsu makan dengan melawan stres.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres. Berikut ini beberapa cara yang kami rekomendasikan agar kamu bisa melawan stres dan menjaga nafsu makan.

1. Bermeditasi

Meditasi dapat menjadi salah satu cara mengurangi nafsu makan yang mudah tanpa obat-obatan. Cukup lakukan meditasi selama 10-15 menit setiap hari agar kamu bisa menghadapi stres dengan lebih baik.

Dengan meditasi, hormon kortisol yang membuat stres akan bisa dikurangi. Sehingga kamu bisa menjaga untuk tidak berlebihan dalam makan sebagai pelampiasan terhadap kondisi stres yang dialami.

2. Melakukan Aktivitas Menyenangkan

Hal ini juga dapat menjadi cara mengurangi nafsu makan dengan cepat yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan mengalihkan pikiran terhadap makan pada kegiatan menyenangkan yang sedang kamu lakukan. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan.

Silahkan pilih aktivitas menyenangkan versi milik kamu sendiri. Mulai dari berkebun, bermain bersama hewan peliharaan, melukis hingga bernyanyi. Dengan begitu tubuh akan menghasilkan dopamin yang membuat tubuh rileks.

3. Berbagi dengan Orang Terdekat

Ada banyak cara untuk melampiaskan rasa stres. Salah satu yang ingin kamu hindari adalah pelampiasan terhadap makanan. Kamu bisa menggantinya dengan berbagai pada orang terdekat.

Cukup ceritakan masalah kamu pada orang yang dipercaya. Hanya dengan menceritakan masalah, kamu akan merasa lega dan tidak mengalami stres terlalu lama. Hingga akhirnya nafsu makan kamu juga tidak bermasalah.

Mengatur Makanan Sebagai Cara Mengurangi Nafsu Makan

Mengatur Makanan Sebagai Cara Mengurangi Nafsu Makan

Tahukah kamu bahwa makanan yang kamu makan juga memiliki pengaruh pada nafsu makan. Dengan mengatur asupan makanan yang tepat, kamu bisa mengurangi nafsu makan berlebih.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur asupan makanan. Berikut ini adalah beberapa cara mengatur asupan makanan agar kamu dapat mengontrol nafsu makan yang berlebih.

1. Perbanyak Protein

Dengan menambahkan asupan protein di dalam porsi makanan, kamu akan cepat merasa kenyang. Sehingga pada akhirnya kamu akan bisa mengontrol tingginya nafsu makan kamu yang berlebihan.

2. Memilih Makanan Kaya Akan Serat

Makanan yang memiliki banyak serat akan lebih lama bertahan di dalam perut. Sehingga kamu tidak akan cepat merasa lapar. Hal ini sangat efektif sebagai cara mengurangi nafsu makan.

Kamu bisa menambahkan kacang-kacangan, buah, sayur atau gandung ke dalam porsi makanmu. Sehingga kamu akan lebih lama merasa kenyang dan mudah untuk tidak memakan camilan.

3. Ganti Camilan dengan Cokelat Hitam

Jika kamu adalah penyuka cokelat, ada baiknya mengganti cokelat susu dengan cokelat hitam sebagai camilan. Karena sebuah penelitian menyebutkan kamu akan makan lebih sedikit jika memakan cokelat hitam sebagai camilan.

4. Ganti Sumber Karbohidrat

Sebagai masyarakat Indonesia, kamu mungkin menjadikan nasi putih sebagai menu utama di setiap makan. Namun ternyata nasi putih memiliki potensi untuk membuat kamu cepat merasa lapar.

Memiliki nafsu makan dan rasa lapar adalah hal normal bagi setiap manusia. Namun jika nafsu makan terlalu berlebihan, justru dapat menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

Oleh karena itu kamu harus memulai untuk bisa mengontrol nafsu makan. Yaitu dengan melakukan berbagai cara mengurangi nafsu makan di atas yang telah terbukti ampuh.

SHARE:
Back to Top